Minggu, 29 Maret 2015

Kebijakan Pembiayaan dan Hutang Luar Negeri


Pembangunan yang dilakukan meliputi, Pembangunan nasional, yang merupakan usaha untuk menigkatkan kualitas dan perikehidupan manusia dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara terus menerus, yang berlandaskan kemampuan nasional dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global. Tak lupa juga pembangunan daerah yang berlandaskan nasional dan disesuakan dengan perkembangan keadaan daerah, nasional dan global serta Pembangunan sektor yang meliputi usaha untuk menigkatkan kualitas pengaturan penguasaan sumberdaya dan pelayanan kepada masyarakat dan pemerintah dalam rangka pembangunan nasional, daerah, nasional, dan global sesuai dengan ruang lingkup dan tanggung jawab pembangunan sektor serta sumberdaya yang ada.


Pembangunan ekonomi merupakan prasyarat mutlak bagi Negara-negara dunia ketiga termasuk indonesia, untuk memperkecil jarak ketertinggalannya dibidang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dari Negara-negara industry maju. Upaya pembanguan ekonomi di Negara- negara tersebut yang umumnya memiliki sumber daya ekonomi yang produktif, terutama sumber daya modal yang seringkali berperan sebagai katalisator pembangunan.Untuk mencukupi kekurangan sumberdaya modal ini maka pemerintah mendatangkan sejumlah sumberdaya modal dari luar negeri melalui beberapa jenis pinjaman.
Indonesia selama ini menempatkan utang sebagai salah satu tiang penyangga pembangunan, sebagai komponen penutup kekurangan,. Saat Indonesia mendapat rezeki berlimpah dari oil boom, utang luar negeri tetap saja menjadi komponen utama pemasukan di dalam anggaran belanja pemerintah. Bahkan saat indonesiia telah mulai menganut system anggaran deficit sejak tahun 2005, komponen pembiayaan utang luar negeri cukup besar. Padahal di dalam kebijakan ekonomi pemerintah selalu mengatkan bahwa utang luar negeri hanya menjadi pelengkap belaka.
Adapun penyebab Indonesia melakukan bantuan luar negeri atau melaksanakan utang luar negeri untuk melaksanakan Pembangunan secara keseluruhan yaitu:
·         Pendapatan per kapita penduduk yang umumnya relatif rendah, menyebabkan tingkat MPS (marginal propensity to save) rendah, dan pendapatan pemerintah dari sektor pajak, khususnya penghasilan, juga rendah.
·         Lemahnya sektor perbankan nasional menyebabkan dana masyarakat, yang memang terbatas itu, tidak dapat didayagunakan secara produktif dan efisien untuk menunjang pengembangan usaha yang produktif.
·         Kurang berkembangnya pasar modal, menyebabkan tingkat kapitalisasi pasar yang rendah, sehingga banyak perusahaan yang kesulitan mendapatkan tambahan dana murah dalam berekspansi.
·         Banyaknya dana-dana pembangunan nasional yang telah dikorupsi oleh pejabat-pejabat setempat untuk keperluan pribadi.

1.1  Hutang Luar Negeri Dalam Perspektif Ekonomi Konvensional
Masalah hutang luar negeri sebagai sumber pembiayaan pembangunan (deficit budged) telah menjadi perdebatan klasik, baik dalam tataran teoritis maupun praktis. Dalam pemikiran Rostow, posisi hutang luar negeri dianggap sebagai the missing linkdalam mata rantai pembangunan ekonomi. Dalam dunia praktis, hutang luar negeri merupakan vicious cyrcle dalam pembangunan, khususnya negara-negara berkembang. Tercatat beberapa kali dunia mengalami debt crisis yang hebat, misalnya tahun 1930-an, 1980-an, 1980-an dan 1990-an hingga saat ini. Penyelesaian hutang luar negeri masih merupakan  problematika yang kompleks dan rumit untuk dipecahkan.
Dalam penjelasan teori-teori konvensional, setidaknya terdapat dua teori yang dapat menjelaskan tentang urgensi hutang luar negeri bagi pembiayaan pembangunan. Teori pertama mengatakan bahwa hutang luar negeri, seperti halnya investasi asing, diperlukan untuk menutup saving gap dalam terminologi kelompok Neo-Klasik. Jadi dalam hal ini hutang luar negeri dibutuhkan karena domestic saving tidak mencukupi untuk pembiayaan pembangunan. Sebenarnya untuk menutup saving gap dapat dilakukan dalam dua bentuk, yaitu debt creating flow dan non debt creating flow. DCF dapat berupa hutang bilateral maupun multilateral, sedang NDCF berupa penanaman dan penyertaan modal seperti Foreign Direct Investment (FDI), short term capital danlong term capital. Teori yang kedua menjelaskan fenomena hutang luar negeri dari sisi neraca pembayaran, dimana ia merupakan salah satu account pada neraca modal, yang berfungsi mengakomodasikan kepentingan neraca berjalan yang bersifat otonom. Jadi bila neraca berjalan mengalami defisit, maka akan dikompensasikan dengan hutang luar negeri dalam neraca modal. Dalam konteks ini hutang luar negeri dapat berfungsi sebagai gap filling, yaitu mengisi gap akibat defisit neraca berjalan.
Hutang luar negeri merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan yang sangat signifikan bagi negara berkembang. Namun demikian, hasil studi tentang dampak hutang terhadap pembangunan ekonomi menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Beberapa ilmuwan memperoleh kesimpulan bahwa hutang luar negeri justeru telah menimbulkan perlambatan pertumbuhan ekonomi bagi negara-negara pengutang besar, sementara studi lain menyimpulkan sebaliknya-yaitu hutang luar negeri menjadi salah satu faktor yang secara signifikan mendorong pertumbuhan ekonomi negara-negara pengutang.[8]
Banyak negara sedang berkembang (NSB) yang kini telah masuk dalam perangkap hutang (debt trap), dan akhirnya hanyut dalam lingkaran ketergantungan hutang (debt overhang hypothesis).[9] Dalam konteks argumentasi ini, patut dipertanyakan kembali relevansi dan urgensi hutang luar negeri dalam pembiayaan negara-negara berkembang.


1.2  Pokok Pikiran Untuk Pemanfaatan Pembiayaan dan Hutang Luar Negeri
Dalamhalpelaksanaanpendanaanbagipembangunannegaradiarahkanuntukberlandaskanpadakemampuandirisendiri (berdikari), disampingdapatjugamemanfaatkansumberlainnyasebagaipelengkap, namundiusahakantidakmenjaditergantung (khususnya) darisumberdanadariluarnegeri yang berbentukhutangluarnegeri.
Implikasidaribesarnyahutangakanmembuatrapuhkinerjaperekonomiannasional. Dimanamuaraakhirdampakbesarnyahutangluarnegeritersebutakanditanggungolehmasyarakatbanyak. Dapatdikatakansekarangini Indonesia telahterjebakolehhutangluarnegeri (debt trap) sekaligusmenaikkanrangkingkelassebagaisebagaisalahsatunegarapenghutang “kelasberat di dunia”.
Olehkarenaitudibutuhkanpokokpikiranuntukpemanfaatanpembiayaandalamrangkapembangunannasional, diantaranya :
a.       Perlunyapenegasandankomitmenbahwapinjamanluarnegeripemerintahhanyadapatditerimasejauhtidakadaikatanpolitisdandalambataskemampuanmembayar. Pinjaman yang diterimadiutamakan yang mempunyaiterm dancondition pinjaman yang menguntungkankepentingannasionalyaitusukubunga yang rendahdantenggangwaktumembayar yang lama.
b.      Bersama-samadenganpinjamandalamnegeri, pinjamanluarnegeripemerintahdigunakansebagaiinstrumenstabilisasiekonomigunamenutup: kesenjanganantarainvestasidantabungan, deficit anggarannegara, dandefisitneracatransaksiberjalan.
c.       Kebijakanmenutupdefisitanggarannegaradenganpinjamanluarnegeriperlulebihdiarahkanuntukmeningkatkankesejahteraanmasyarakatmelaluikegiatanekonomiproduktif yang mampumemberimanfaatekonomidansosialbagimasyarakatluas, termasukbidang-bidangpendidikan,kesehatandanpenguatankelembagaan. Akan tetapipengalokasiannyakepadapembangunannoninfrastrukturfisikharussudahmempertimbangkankemungkinansubstitusiolehsumberpembiayaanlainnya, kemampuanmanajemenpelaksana, penyerapandanadansifatkegiatan.
d.      Semangatpenggunaanpinjamanluarnegeriuntukmenutupdefisitharusbenar-benarbersifatsebagaipelengkapdanmerupakanpilihanterakhir. Artinyajumlahnyabaruditentukansetelahmemperhitungkansecaramaksimalsumberpenerimaandalamnegeri (pajakdanbukanpajak) yangdapatdihimpunsertamemperhitungkanpinjamandalamnegeri yang aman. Pinjamanluarnegeribarubolehdigunakanuntukmembiayaiproyekpembangunanbilapenggunaansumberiniakanlebihmenguntungkandibandingkandengansumber-sumberlainnya, baikdalamjangkapanjangdanpendekmaupunsecaraekonomisdansocial.
e.       Pemerintahbersama DPR perlumenetapkanjumlahpinjamanluarnegeriuntukperiodetertentu(pagutahunanmaupun 5 tahunan) yang dapatditerimasertaarahankebijakanpenggunaannya.Pagupinjamandapatditetapkansebagairasioterhadap PDB berdasarkankebutuhanuntukmendorongperekonomian, kapasitaskelembagaanmelaksanakanproyekpinjamanluarnegeri,sertabesarnyakebutuhanpembangunan yang benar-benarmemerlukansumberpembiayaanluarnegeri. Untuktujuanmengurangiketergantungan, dalamjangkapanjangrasiopinjamanterhadapPDB tersebutperluditurunkansejalandengankemampuanpemerintahuntukmemupuksumberpenerimaandalamnegerikhususnyapenerimaanpajakdanupayauntukmengembangkanpasarobligasipemerintah di dalamnegeri. Sepanjangpemanfaatanpinjamanmasihdalamkoridorkesepakatandengan DPR, makapembahasandengan DPR tidakperludilakukan loan per loan.
f.       Kedepan,diperlukansuatuRencanaStrategisPinjamanLuarNegeriJangkaPanjang yang disetujuiDPR sebagaibagiandarikebijakanpinjamanluarnegeri. RencanatersebutdapatsajadisusundandipantauolehPemerintahatauolehsuatuKomitePinjamanLuarNegeridenganunsur-unsurdariDepkeu, Bappenasdan BI. Rencanatersebutditinjaukembalipadasetiappengajuan APBN untukdilakukanpenyesuaianberdasarkanhasilevaluasinya.
g.      Perluadanyamekanismeperencanaan yang baruuntukmempertemukankebutuhanmasyarakatluasdenganketersediaandana yang terbatasdankaitannyadenganprioritaspembangunanuntukmeningkatkanefektivitaspemanfaatanpinjamanluarnegeri.
h.      Pinjamanluarnegeri Daerah harusdipandangsebagaisatukesatuandenganpinjamanluarnegeriPemerintah, yang pagunyasudahdisetujui DPR. Olehkarenaitu, seyogyanya Daerah dilarangmelakukanpeminjamanluarnegerisecaralangsungdandilarang pula menjaminpinjamanluarnegeri yang dilakukanolehswastauntukproyek yang terkaitdenganpemerintahdaerahdenganasetselainasetproyekitusendiriataupundilarangmenjaminkanasetpemerintahdaerahlainnyaselainasetproyekitusendiriuntukmemperolehpembiayaandariluarnegeri. Pemerintahpusattetapmenjaminpinjamanluarnegeriuntukpembiayaandaerah yang disiapkanolehpemerintahdaerahmaupunolehswastabersama-samadenganpemerintahdaerah.
i.        Agar tidakmenimbulkantekananpadaneracapembayaraninternasional, makapinjamankomersialyang terkaitdenganpemerintah (yang dilakukanolehPemerintah Daerah, BUMN, BUMD, maupunswasta) perludiaturdenganmenetapkanjumlahmaksimumsetiaptahun (pagutahunan),menetapkanurutanprioritasproyek, danurutanwaktupencairanpinjamansertatatacaradanprosedurpermohonanpersetujuanmaupunpelaksanaanmonitoringnyauntukmelengkapi UU No.24/1999, baikuntuk bank maupunlembagakeuanganbukan bank.
j.        Pinjamanluarnegeriswastadantidakterkaitdenganpemerintahtidakdijaminolehpemerintah.Akan tetapitetapmemerlukanpengaturan (lebihlanjutdari UU No. 24/1999 tentangLaluLintasDevisadanSistemNilaiTukar) yang mengarahpadamekanismepemberianperingatandini(earlywarning indicator) terhadapjumlahstokdanstrukturpinjamanluarnegeri yang dilakukanolehswastasertamembukainformasiiniseluas-luasnyasehinggaswastadapatmemperolehinformasikondisiekonomimakrotermasukjumlahstokpinjamanluarnegeridankapankewajibanpembayaranjatuh tempo. Dengandemikian, swastadapatmelakukanpengendaliansendiriterhadapresiko yang berasaldarifluktuasinilaitukarmatauangdansukubunga.
k.      Perlunyadiselenggarakansisteminformasipengelolaanpinjamanluarnegeriolehsuatu KantorPengelolaUtang (Debt Management Unit) untukmenyediakaninformasiberkala yang dapatdiketahuiolehmasyarakatluasmengenaijumlahdankomposisiutangdanpinjamanluarnegeridengantenggangwaktutidaklebihdarienambulan. Informasi yang menyangkutpenggunaanpinjamanluarnegeri.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Hutang Luar Negeri Dan Indonesia.
Hutang luar negeribukanlah istilah baru bahkan sudah di kenal sebelum perang dunia pertama, secara umum merupakan opsi praktis penyelesaian kompleksitas masalah negara (sosial, ekonomi, politik) secara ekonomi dan sekaligus penyebab krisis ekonomi suatu negara, artinya di satu sisi hutang tidak dapat di hindari dalam pembangunan namun disisi lain hutang merupakan masalah yang paling dominan dalam menyeret negara kedalam jurang krisis ekonomi moneter dan menjatuhkan negara tersebut kedalam jurang krisis ekonomi fiskal, Hutang luar negeri yang dapat dilakuakn dalam dua bentuk institusi to goverment dan goverment to goverment. Dengan metode/modus pendekatan fiskal dari lembaga maupun negara, “mengiring dengan dengan fiskal menjatuhkan dengan moneter dan menghempaskan dengan fiskal” adalah metode kolonialisme modern, karena apa“negara kreditur itu takut apabila dia kehilangan nasabah mereka dan ketergantungan ekonomi sutu negara terhadap mereka adalah keinginan rahasia mereka”.
Dan Munculnya istilah krisis utang luar negeri setelah Perang Dunia Kedua Pasca Perang Dunia Kedua, para pemerintah di negara-negara utara dan barat (rusia/uni soviet, amirika serikat dan negara-negara uni eropa), lewat bank-bank swasta serta lembaga keuangan internasional seperti BANK DUNIA dan IMF memberikan pinjaman utang kepada negara-negara dunia ketiga (Amerika Selatan, Afrika dan Asia) untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur maha besar seperti jalan tol, bendungan, gedung-gedung mewah, pelabuhan, dan lainnya. Mayoritas negara-negara dunia ketiga pada waktu itu juga berambisi untuk mentranformasi status masyarakat mereka dari masyarakat agraris ke masyarakat industrialis, menciptakan lapangan kerja bagi rakyat, membangun infrastruktur seperti jalan raya, bandara, pelabuhan, bendungan, menyediakan pelayanan kesehatan, pendidikan dan air bersih, jaringan listrik serta mimpi yang indah lainnya. Untuk merealisasi mimpi-mimpin tersebut, negara-negara yang baru merdeka pada saat itu berpaling kepada Bank-Bank Swasta dan negara-negara barat untuk mendapatkan pinjaman luar negeri, dengan harapan bahwa hasil penjualan sumber daya alam mereka nantinya, akan digunakan untuk membayar kembali utang tersebut, “jadi istilah krisis hutang luar negeri ini muncul karena tidak banyak negara yang mampu memberdayakan hutang dengan tepat daya dikarenakan berbagai faktor ekternal seperti intimidasi pihak asing maupun korupnya internal”.
Indonesia merupakan salah satu negara yang pernah merasakan dampak krisis akibat pengelembungan hutang negara pada dikarenakan terlalu bergantung pada blok timur dari berbagai pinjaman uni soviet, manjanya negara dengan pinjaman-pinjaman luar negeri, dan manjanya pihak swasta dengan modal asing menyebabkan indonesia harus merasakan derita karena hutang luar negeri.
Di perparah lagi, kala itu indonesia yang sedang dalam resesi ekonomi harus di hadapi oleh berbagai tekanan dan intimidasi serta iming-iming dari negara maju dan berbagai lembaga keuangan untuk meyelesaikan masalah itu dengan dengan cara credit back yang menyeret indonesia kedalam jurang  fiskal akibat adanya indikasi gagal bayar, membuat pihak swasta asing mencabut investasinya di indonesia, alhasil fundamantal ekonomi menurun drastis dan krisis ekonomipun tidak bisa di hindari, sektor makro misalnya proyek-proyek pemerintah terbengkalai, lembaga keuangan dan perusahaan besar yang di biayai dana asing adalah yang paling merasakan dampak krisis moneter kala itu setidaknya krisis perbangkan, akibat longgarnya regulasi dalam sekejab perbankan asing menjamuri pasar uang indonesia yang sedang dalam dahaga ekonomi pada saat itu adalah krisis yang paling mahal pada abad ke-19 yang di tanggung oleh dapur negara berdasarkan rilis IMF.
Sejak pemerintahan orde baru, sistem anggaran telah berubah, dari sistem anggaran defisit menjadi sistem anggaran seimbang, Perubahan sistem ini membawa konsekuensi pada politik penerimaan dan pengeluaran pemerintah. Dalam sistem anggaran seimbang, besarnya pengeluaran harus sama dengan besaran penerimaan yang diperoleh Negara (NI=Go) ataupun dalam pengertia yang lebih luas, dalam hal ini konsep makro ekonomi (GDP=AD) yang di dalamnya terdapat beberapa variabel seperti C= konsumsi, I= investasi, G= pengeluaran pemerintah, (X-M)= ekspor-impor, ini penting untuk di ketahui karena kita akan membahas 2 (dua) segmen  hutang yaitu hutang LN swasta dan hutang LN pemerintah.

2.2 Hutang Luar Negeri Pemerintah
Khusus untuk hutang luar negeri pemerintah yang merupakan hutang yang dilakukan atas assistensipemerintah dan digunakan untuk pembiayaan proyek-proyek pemerintah yang di lakukan untuk kepentingan dan kemakmuran rakyat.

2.2.1 Posisi Hutang Luar Negeri Pemerintah Indonesia.
Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan yang dikutip vibiznews.com, Selasa (16/04/2013) total utang pemerintah Indonesia hingga Maret 2013 mencapai Rp 1.991,22 triliun dengan rasio 24,1% terhadap PDB.
Dari jumlah tersebut, Rp 588,38 triliun merupakan utang luar negeri yang didapat dari beberapa negara dan juga lembaga-lembaga multilateral. Utang luar negeri ini terus turun dibandingkan akhir 2012 yang sebesar Rp 612,52 triliun.
Tahun ini, nilai belanja APBN mencapai Rp 1.683 triliun. Defisit anggaran tahun depan ditetapkan 1,65% terhadap PDB atau Rp 172,8 triliun, karena penerimaan negara lebih kecil, Untuk menutup defisit tersebut, DPR membolehkan pemerintah menambah utang baru hingga Rp 161,4 triliun.
Ada 3 negara dan 3 lembaga yang paling rajin memberi utang kepada pemerintah Indonesia, antara lain :
a.       Perancis, Jumlah utang meski turun tipis dari Rp 21,3 triliun di akhir 2012, namun secara keseluruhan total utang Indonesia ke Perancis hingga Maret 2013 sebesar Rp 21,03 triliun.
b.      Jerman, Jumlah utang meski turun dari akhir 2012 yang jumlahnya Rp 20 triliun namun secara keseluruhan total utang Indonesia ke Jerman hingga Maret 2013 sebesar Rp 19,43 triliun.
c.       Jepang, Jumlah utang meski turun dari akhir 2012 yang jumlahnya Rp 254,64 triliun namun secara keseluruhan total utang Indonesia ke Jepang hingga Maret 2013 sebesar Rp 235,16 triliun atau yang terbesar.

Lembaga Terajin Memberi Utang Kepada Indonesia :
a.       Bank Dunia, Jumlah utang Indonesia naik tipis dari akhir 2012 sebesar Rp 122,14 triliun. Secara keseluruhan total utang Indonesia ke Bank Dunia hingga Maret 2013 sebesar Rp 122,38 triliun.
b.      Asian Development Bank (ADB), Jumlah utang Indonesia turun dibandingkan akhir 2012 sebesar Rp 100,34 triliun. Secara keseluruhan total utang Indonesia ke ADB hingga Maret 2013 sebesar Rp 98,24 triliun.
c.       Islamic Development Bank (IDB), Jumlah utang Indonesia turun dibandingkan akhir 2012 sebesar Rp 5,05 triliun. Secara keseluruhan total utang Indonesia ke Islamic Development Bank (IDB) sebesar Rp 4,93 triliun.
“Namun kondisi hutang pemerintah telah ditanggapi oleh pemerintah sejak tahun lalu, melalui PERPRES, Presiden SBY telah menetapkan pembatasan pinjaman luar negeri yang membebani APBN/APBD. Melalui kebijakan tersebut tampak sejumlah utang luar negeri pemerintah Indonesia yang terus menurun dan menggantinya dalam bentuk surat utang atau obligasi yang di terbitkan sebagai surat utang negara (SUN).”
2.2.2Hutang Luar Negeri Swasta.
Khusus untuk hutang luar negeri swasta yang merupakan hutang yang dilakukan atas atau tanpaassistensi pemerintah dan digunakan untuk pembiayaan proyek-proyek swasta yang di lakukan untuk kepentingan produksi dalam bentuk faktor-faktor produksi (modal) yang  dilakukan perusahaan BUMN, BUMD, BUMS dalam upaya melakukan ekspansi bisnis dan perluasan market share.
2.2.3 Posisi utang luar negeri swasta.
Berdasarkan data Bank Indonesia hingga Januari 2013, total utang luar negeri swasta, baik bank maupun bukan bank, telah mencapai US$ 125 miliar. Jumlah tersebut terdiri dari utang sektor keuangan dan jasa perusahaan senilai US$ 33,45 miliar, utang dari sektor industripengolahan/manufaktur senilai US$ 25,67 miliar, dansektor pertambangan senilai US$ 21,08 miliar.
Berbeda dengan hutang luar negeri pemerintah yang menunjukan penurunan hutang luar negeri swasta justru mengalami penigkatan setidaknya itu terjadi dalam catatan selama dua tahun terakhir, menurut saya ada baiknya juga di berlakukan sistem kendali pada hutang luar negeri swasta, karena bagaimanapun dalam persfektif makro trasaksi hutang yang terlalu besar pada hutang LN swasta maupun pemerintah akan berpengaruh pada melemahnya nilai tukar rupiah/Rp terhadap USD berkenaan langsung dengan defisit neraca pembayaran”.
Meskipun sekarang indonesia sudah lepas dari krisis hutang karena besaran gross domestik produk jauh lebih dari pada besaran hutang pemerintah indonesia,  namun resesi ekonomi akibat utang masih mengancam melalui sektor hutang luar negeri swasta Itu dikarenakan indonesia yang merupakan negara berkembang yang menyebabkan banyak pihak yang menginginkan ambil bagian dipasar regional indonesia dengan cara mengalihkan modalnya secara besar-besaran ke pasar indonesia yang menyebabkan ketimpangan neraca pembayaran dan mendorong terjadinya tekanan nilai tukar rupiah terhadap dolar/USD. Jadi dapat di ketahui cara pengurangan nilai hutang yang diambil pemerintah indonesia adalah dengan cara; meningkatkan produktifitas nasioanal; dengan menambah faktor produksi dari dalam negeri maupun dari luar negeri berupa modal asing dengan catatan; akan melakukan impor apabila didalam negeri belum ada atau belum mencukupi contoh; kerja sama alih teknologi  dan kerjasama dalam bentuk korporasi lain.

Hal ini dapat diwujudkan dengan cara:
a.       Menegaskan regulasi tentang permodalan dan korporasi asing dalam membentuk tatananekonomi yang kondusif.
b.      Meningkatkan transfarasi anggaran dan korporasi proyek-proyek pemerintah.
c.       Mempersiapkan SDM terlibat dalam aktivitas ekonomi.
d.      Agar pemerintah sedapat mungkin mengurangi ketergantungan APBN dari pinjaman luar negeri.
e.       Agar Pemerintah segera Menurunkan bunga sertifikat Bank Indonesia danv mendorong bank-bank nasional agar lebih intensif mengucur kredit sehingga sektor riil dapat bergerak yang pada giliran akan menciptakan lapangan kerja dan memperbaiki perekonomian nasinal secara keseluruhan.
f.       Agar Pemerintah lebih mengefisienkan birokrasai Pemerintah dengan jalan Merestrukturisasi birokrasi pemerintah yang sudah sangat gemuk sehingga dirasa telah memberatkan anggran pemerintah.



BAB III
KESIMPULAN

3.1 Kesimpulan
Defisit yang terjadi di Indonesia sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan oleh amanah undang – undang no 17 tahun 2003 yang tidak lebih dari 3 persen dari APBN tercermin seperti di tabel satu. Tahun 2008 dan 2009 sebagai dampak dari melambatnya perekonomian dunia di respon oleh defisit dari APBN yang pada tahun sebelumnya 2007 sebesar 1,3 persen menjadi 2,1 dan 2,5 persen di tahun 2008 dan 2009.
Dalam pembiayaan defisit APBN tersebut ada beberapa alternatif yang dapat digunakan, diantaranya adalah dengan pinjaman (bond), suku bunga, uang,dll. Pembiayaan defisit dari hutang memerlukan daya tarik yaitu dengan tingginya imbal hasil (bunga) yang ditawarkan. Dampak dari suku bunga yang tinggi pada sisi keuangan negara adalah akan terjadinya capital inflow. Keseimbangan APBN dari pembiayaan hutang tidak selamanya berdampak positif bagi perekonomian, meskipun defisit masih di bawah dari ketentuan undang – undang.
Neoclasic dan Keynes telah memberikan gambaran akibat bahwa pembiayaan defisit APBN dari hutang yang didukung oleh tingkat suku bunga yang tinggi akan berbentuk Crowding Out dan Crowding In. Pandangan Neoclasic menjelaskan bahwa ketika pemerintah menerbitkan Bond sebagai salah satu cara untuk mengatasi defisit APBN, maka akan terjadi perlambatan kegiatan ekonomi di masyarakat yang disebabkan oleh bunga pinjaman yang harus dibayarkan meningkat akibat dari suku bunga yang di tetapkan pemerintah mengalami kenaikan.
Proses tersebut akan berdampak pada pengalihan pinjaman dari dalam negeri ke luar negeri atau yang disebut sebagai Crowding Out. pemerintah Indonesia dari tahun 2005 hingga 2009 mengalami peningkatan Utang Luar Negeri rata-rata 7% setiap tahunnya. Peningkatan jumlah Utang tersebut mengindikasikan bahwa defisit APBN sebagian di tutup dari Utang. Konsep pembiayaan defisit APBN dari pinjaman atau utang yang lain adalah dengan mengadopsi Ricardian Equivalent Hypotesis (Barro, 1976).

Pembangunan ekonomi tanpa utang adalah pembangunan yang berprinsip kemandirian nasional, tidak harus diartikan secara harfiah utang yang samasekali nol. Pembangunan tanpa utang lebih merupakan proses perubahan substansial untuk melepaskan keterjebakan utang, dari dependensi menuju self-sufficiency dan independensi. Tidak ada utang luar negeri yang bebas ikatan dan kepentingan, sehingga utang luar negeri pada dasarnya dapat diibaratkan sebagai ''madu beracun''.

10 komentar:

  1. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Nyonya Nurliana Novi, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah benar mendukung saya melalui ibu yang baik Nyonya Elina

     Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya kepada Nyonya Elina, yang adalah pemilik dari sebuah perusahaan pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk mengajukan permohonan dari Nyonya Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan menyarankan Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Ibu Elina untuk membuat hidup mudah bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain online menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya adalah satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati dari orang-orang ini baik-baik saja

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  2. Kami adalah organisasi hukum yang dibuat untuk membantu Orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.

    Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan dalam kekacauan keuangan, dan Anda memerlukan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam lebih banyak Masalah dari lokal bank, hubungi kami hari ini melalui Email: di catherinewilliamloancompany@gmail.com

    Email: catherinewilliamloancompany@gmail.com


    Aplikasi pinjaman meliputi:

      Nama: _________
      Alamat: _________
      Negara: _________
      Okupasi: _________
      Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: __________
      Tujuan Pinjaman _________
      jangka waktu kredit__
      Penghasilan bulanan: _________
    Telepon: _________

    Silakan hubungi kami melalui e-mail

    Email kami: catherinewilliamloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  3. BERITA BAGUS UNTUK ANDA
    Apakah Anda telah ditolak akses ke pinjaman keuangan untuk membeli rumah, mobil, untuk membiayai diri sendiri atau mendirikan bisnis.
    Jangan khawatir lagi ... Cepat dan ajukan pinjaman lunak cepat Anda di PERUSAHAAN PINJAMAN GARY REYMOLDS.
    Kami memberikan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dengan tingkat bunga rendah 2%.
    Hubungi kami melalui E-mail: garyreymolds36loanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  4. A person like you is a blessing for all those around. I love you so much my dear princess. Now get up fast and meet me soon coz I have been waiting for you for so long. Good Morning and lets have a blast today.

    BalasHapus
  5. SELAMAT DATANG DI KARINA ROLAND LOAN COMPANY, (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya di +1 (312) 8721-592, tujuan kami adalah untuk menyediakan Layanan Profesional Sangat Baik.

    Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Skala Kecil dan bisnis menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan mendapatkan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?

    Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan yang Anda pantas, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik

    Kami menawarkan semua jenis layanan keuangan kepada individu yang membutuhkan pinjaman yang meliputi: Pinjaman Pribadi, pinjaman konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Terjamin Hipotek, Pinjaman Tanpa Jaminan, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Gaji, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Investasi , Pinjaman Pembangunan, Pinjaman Otomatis, Pinjaman Konstruksi, dengan suku bunga rendah sebesar 2% per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami.

    Silakan, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut jika Anda tertarik: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hubungi kami hanya di +1 (312) 8721-592

    BalasHapus
  6. Halo

    Kami menawarkan pinjaman bagi mereka yang bisa membayar dengan suku bunga 1% dalam jangka panjang.
    Bagi siapa pun yang tertarik, kirimkan surat kepada saya, berpantang dari orang-orang dengan niat buruk.
    Beri pinjaman antar individu dari semua jenis:
    * Keuangan
    * Perumahan
    * Kredit investasi
    * Pinjaman mobil
    * Konsolidasi hutang
    * Batas kredit
    * Hak Tanggungan
    * Penukaran kredit
    * Pinjaman

    Kami menawarkan pinjaman jangka pendek, menengah dan panjang, bekerja sama dengan pengacara kami.
    Silakan langsung kirim email Anda dan beri tahu saya berapa yang Anda butuhkan.
    Hubungi kami:
    Perusahaan: ISKANDAR LENDERS INCO.
    Hanya WhatsApp: {+ 44} 7480729811
    Tel .... {+ 44} 7480729811
    Email: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Selamat Datang di Perusahaan Pinjaman Rossa Stanley

    Hubungi perusahaan pinjaman dengan rekam jejak pencairan pinjaman dan daftar global penguji pinjaman di seluruh dunia, di perusahaan peminjaman rossa stanley stabilitas keuangan Anda adalah tujuan kami, kami memberikan pinjaman kepada

    1) Individu
    2) Bekerja sama badan
    3) Perusahaan terbatas.
    4) Pinjaman pribadi.
    5) Pinjaman investasi.
    6) Pinjaman Konstruksi.
    7) Pinjaman Hipotek.
    Hubungi kami sekarang melalui media berikut,

    Email: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Direktur Telp: +1(914)529-5708
    Whats-app: +1(914)529-5708
    Manajer operasi Tel: (+1) 2133153118
    Instagram Resmi: rossastanleyloan
    Twitter Resmi: Rossastanlyloan
    Facebook Resmi: Rossa Stanley Favor
    Alamat kantor pusat: 3911 Kenwood Place, Orlando Florida USA.
    Kode pos: 32801
    Terdaftar di bawah pengawasan hukum industri Florida,
    ATAU
    Isi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan segera membalas Anda, Kami tersedia 24 jam setiap hari.

    DATA PEMOHON
    1) Nama Lengkap:
    2) Tanggal lahir:
    3) Alamat:
    4) Nomor jaminan sosial:
    5) Nomor Aplikasi Whats:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) Penghasilan Bulanan:
    10) Jumlah Pinjaman yang Diperlukan:
    11) Durasi Pinjaman:
    12) Nama Facebook:
    13) Status Perkawinan:
    14) Agama:
    15) Negara:
    16) Jenis Kelamin:
    17) Kecacatan Apa Pun
    18 Sudahkah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? Jika ya, sebutkan nama perusahaan pinjaman tersebut

    SALAM,
    Favor Mrs.Rossa Stanley
    CEO ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  8. BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA
    Saya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
    Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.

    Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND  dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,

     Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
     Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi

    NAMA ::ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

                                              HUBUNGI SAYA

    Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
    Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
    Instagram::::::::Abdullah_Nofia
    Facebook:::::::::Abdullah Nofia

    Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online

    semoga harimu menyenangkan

    BalasHapus
  9. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  10. Ini dari perusahaan yang telah dapat membantu begitu banyak orang baik dari Indonesia maupun Malaysia dan di luarnya Kami telah dapat membantu berbagai orang dari berbagai pekerjaan kehidupan dan juga berbagai kategori pekerjaan Kami telah dapat memberikan pinjaman untuk hampir semua pemohon pinjaman di perusahaan ini dan jika dengan cara apa pun Anda meragukan kami, kami akan merujuk Anda ke banyak dan banyak pelanggan yang telah mendapatkan pinjaman dari kami sehingga Anda dapat menghapus keraguan keraguan dari pikiran Anda Kami telah dapat membantu baik yang bangkrut maupun mereka yang mencari modal tambahan untuk mendanai bisnis mereka dalam bentuk apa pun Di perusahaan ini, prioritas utama kami sejak hari pertama hingga sekarang adalah memastikan semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka dan kami sangat berkomitmen untuk ini dengan memastikan hampir 100% dari semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka Jika dengan cara apa pun Anda masih ragu, silakan hubungi kesaksian terbaru kami di t dia menghubungi detail di bawah ini untuk menghapus segala bentuk keraguan dari pikiran Anda_________[WhatsApp: +6287818697754]

    Company___[ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY]
    e_mail_________[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp___[+6282274045059]

    BalasHapus