Pembangunan yang dilakukan meliputi,
Pembangunan nasional, yang merupakan usaha untuk menigkatkan kualitas dan
perikehidupan manusia dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara terus
menerus, yang berlandaskan kemampuan nasional dengan memanfaatkan kemajuan ilmu
pengetahuan dan tekhnologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global.
Tak lupa juga pembangunan daerah yang berlandaskan nasional dan disesuakan
dengan perkembangan keadaan daerah, nasional dan global serta Pembangunan sektor yang meliputi usaha untuk
menigkatkan kualitas pengaturan penguasaan sumberdaya dan pelayanan kepada
masyarakat dan pemerintah dalam rangka pembangunan nasional, daerah, nasional,
dan global sesuai dengan ruang lingkup dan tanggung jawab pembangunan sektor serta sumberdaya yang ada.
Pembangunan ekonomi merupakan
prasyarat mutlak bagi Negara-negara dunia ketiga termasuk indonesia, untuk
memperkecil jarak ketertinggalannya dibidang ekonomi dan kesejahteraan
masyarakat dari Negara-negara industry maju. Upaya pembanguan ekonomi di
Negara- negara
tersebut yang umumnya memiliki sumber daya ekonomi yang produktif,
terutama sumber daya modal yang seringkali berperan sebagai katalisator
pembangunan.Untuk mencukupi kekurangan sumberdaya modal ini maka pemerintah
mendatangkan sejumlah sumberdaya modal dari luar negeri melalui beberapa jenis
pinjaman.
Indonesia selama ini menempatkan
utang sebagai salah satu tiang penyangga pembangunan, sebagai komponen penutup
kekurangan,. Saat Indonesia mendapat rezeki berlimpah dari oil boom, utang luar
negeri tetap saja menjadi komponen utama pemasukan di dalam anggaran belanja
pemerintah. Bahkan saat indonesiia telah mulai menganut system anggaran deficit
sejak tahun 2005, komponen pembiayaan utang luar negeri cukup besar. Padahal di
dalam kebijakan ekonomi pemerintah selalu mengatkan bahwa utang luar negeri hanya menjadi pelengkap belaka.
Adapun penyebab Indonesia melakukan
bantuan luar negeri atau melaksanakan utang luar negeri untuk melaksanakan
Pembangunan secara keseluruhan yaitu:
·
Pendapatan
per kapita penduduk yang umumnya relatif rendah, menyebabkan tingkat MPS
(marginal propensity to save) rendah, dan pendapatan pemerintah dari sektor
pajak, khususnya penghasilan, juga rendah.
·
Lemahnya
sektor perbankan nasional menyebabkan dana masyarakat, yang memang terbatas
itu, tidak dapat didayagunakan secara produktif dan efisien untuk menunjang
pengembangan usaha yang produktif.
·
Kurang
berkembangnya pasar modal, menyebabkan tingkat kapitalisasi pasar yang rendah,
sehingga banyak perusahaan yang kesulitan mendapatkan tambahan dana murah dalam
berekspansi.
·
Banyaknya
dana-dana pembangunan nasional yang telah dikorupsi oleh pejabat-pejabat
setempat untuk keperluan pribadi.
1.1 Hutang Luar Negeri Dalam Perspektif
Ekonomi Konvensional
Masalah
hutang luar negeri sebagai sumber pembiayaan pembangunan (deficit budged)
telah menjadi perdebatan klasik, baik dalam tataran teoritis maupun praktis.
Dalam pemikiran Rostow, posisi hutang luar negeri dianggap sebagai the
missing linkdalam mata rantai pembangunan ekonomi. Dalam dunia praktis,
hutang luar negeri merupakan vicious cyrcle dalam pembangunan,
khususnya negara-negara berkembang. Tercatat beberapa kali dunia
mengalami debt crisis yang hebat, misalnya tahun 1930-an,
1980-an, 1980-an dan 1990-an hingga saat ini. Penyelesaian hutang luar negeri
masih merupakan problematika yang kompleks dan rumit untuk dipecahkan.
Dalam
penjelasan teori-teori konvensional, setidaknya terdapat dua teori yang dapat
menjelaskan tentang urgensi hutang luar negeri bagi pembiayaan pembangunan.
Teori pertama mengatakan bahwa hutang luar negeri, seperti halnya investasi
asing, diperlukan untuk menutup saving gap dalam terminologi
kelompok Neo-Klasik. Jadi dalam hal ini hutang luar negeri dibutuhkan
karena domestic saving tidak mencukupi untuk pembiayaan
pembangunan. Sebenarnya untuk menutup saving gap dapat
dilakukan dalam dua bentuk, yaitu debt creating flow dan non
debt creating flow. DCF dapat berupa hutang bilateral maupun multilateral,
sedang NDCF berupa penanaman dan penyertaan modal seperti Foreign
Direct Investment (FDI), short term capital danlong
term capital. Teori yang kedua menjelaskan fenomena hutang luar negeri dari
sisi neraca pembayaran, dimana ia merupakan salah satu account pada
neraca modal, yang berfungsi mengakomodasikan kepentingan neraca berjalan yang
bersifat otonom. Jadi bila neraca berjalan mengalami defisit, maka akan
dikompensasikan dengan hutang luar negeri dalam neraca modal. Dalam konteks ini
hutang luar negeri dapat berfungsi sebagai gap filling, yaitu
mengisi gap akibat defisit neraca berjalan.
Hutang
luar negeri merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan yang sangat
signifikan bagi negara berkembang. Namun demikian, hasil studi tentang dampak
hutang terhadap pembangunan ekonomi menunjukkan hasil yang berbeda-beda.
Beberapa ilmuwan memperoleh kesimpulan bahwa hutang luar negeri justeru telah
menimbulkan perlambatan pertumbuhan ekonomi bagi negara-negara pengutang besar,
sementara studi lain menyimpulkan sebaliknya-yaitu hutang luar negeri menjadi
salah satu faktor yang secara signifikan mendorong pertumbuhan ekonomi
negara-negara pengutang.[8]
Banyak negara
sedang berkembang (NSB) yang kini telah masuk dalam perangkap hutang (debt
trap), dan akhirnya hanyut dalam lingkaran ketergantungan hutang (debt
overhang hypothesis).[9] Dalam konteks argumentasi ini, patut dipertanyakan
kembali relevansi dan urgensi hutang luar negeri dalam pembiayaan negara-negara
berkembang.
1.2 Pokok Pikiran Untuk Pemanfaatan
Pembiayaan dan Hutang Luar Negeri
Dalamhalpelaksanaanpendanaanbagipembangunannegaradiarahkanuntukberlandaskanpadakemampuandirisendiri
(berdikari), disampingdapatjugamemanfaatkansumberlainnyasebagaipelengkap,
namundiusahakantidakmenjaditergantung (khususnya) darisumberdanadariluarnegeri
yang berbentukhutangluarnegeri.
Implikasidaribesarnyahutangakanmembuatrapuhkinerjaperekonomiannasional.
Dimanamuaraakhirdampakbesarnyahutangluarnegeritersebutakanditanggungolehmasyarakatbanyak.
Dapatdikatakansekarangini Indonesia telahterjebakolehhutangluarnegeri (debt
trap) sekaligusmenaikkanrangkingkelassebagaisebagaisalahsatunegarapenghutang
“kelasberat di dunia”.
Olehkarenaitudibutuhkanpokokpikiranuntukpemanfaatanpembiayaandalamrangkapembangunannasional,
diantaranya :
a.
Perlunyapenegasandankomitmenbahwapinjamanluarnegeripemerintahhanyadapatditerimasejauhtidakadaikatanpolitisdandalambataskemampuanmembayar.
Pinjaman yang diterimadiutamakan yang mempunyaiterm dancondition pinjaman
yang menguntungkankepentingannasionalyaitusukubunga yang
rendahdantenggangwaktumembayar yang lama.
b.
Bersama-samadenganpinjamandalamnegeri,
pinjamanluarnegeripemerintahdigunakansebagaiinstrumenstabilisasiekonomigunamenutup:
kesenjanganantarainvestasidantabungan, deficit anggarannegara,
dandefisitneracatransaksiberjalan.
c.
Kebijakanmenutupdefisitanggarannegaradenganpinjamanluarnegeriperlulebihdiarahkanuntukmeningkatkankesejahteraanmasyarakatmelaluikegiatanekonomiproduktif
yang mampumemberimanfaatekonomidansosialbagimasyarakatluas, termasukbidang-bidangpendidikan,kesehatandanpenguatankelembagaan.
Akan
tetapipengalokasiannyakepadapembangunannoninfrastrukturfisikharussudahmempertimbangkankemungkinansubstitusiolehsumberpembiayaanlainnya,
kemampuanmanajemenpelaksana, penyerapandanadansifatkegiatan.
d.
Semangatpenggunaanpinjamanluarnegeriuntukmenutupdefisitharusbenar-benarbersifatsebagaipelengkapdanmerupakanpilihanterakhir.
Artinyajumlahnyabaruditentukansetelahmemperhitungkansecaramaksimalsumberpenerimaandalamnegeri
(pajakdanbukanpajak) yangdapatdihimpunsertamemperhitungkanpinjamandalamnegeri
yang aman.
Pinjamanluarnegeribarubolehdigunakanuntukmembiayaiproyekpembangunanbilapenggunaansumberiniakanlebihmenguntungkandibandingkandengansumber-sumberlainnya,
baikdalamjangkapanjangdanpendekmaupunsecaraekonomisdansocial.
e.
Pemerintahbersama DPR
perlumenetapkanjumlahpinjamanluarnegeriuntukperiodetertentu(pagutahunanmaupun 5
tahunan) yang
dapatditerimasertaarahankebijakanpenggunaannya.Pagupinjamandapatditetapkansebagairasioterhadap
PDB berdasarkankebutuhanuntukmendorongperekonomian,
kapasitaskelembagaanmelaksanakanproyekpinjamanluarnegeri,sertabesarnyakebutuhanpembangunan
yang benar-benarmemerlukansumberpembiayaanluarnegeri.
Untuktujuanmengurangiketergantungan, dalamjangkapanjangrasiopinjamanterhadapPDB
tersebutperluditurunkansejalandengankemampuanpemerintahuntukmemupuksumberpenerimaandalamnegerikhususnyapenerimaanpajakdanupayauntukmengembangkanpasarobligasipemerintah
di dalamnegeri. Sepanjangpemanfaatanpinjamanmasihdalamkoridorkesepakatandengan
DPR, makapembahasandengan DPR tidakperludilakukan loan per loan.
f.
Kedepan,diperlukansuatuRencanaStrategisPinjamanLuarNegeriJangkaPanjang
yang disetujuiDPR sebagaibagiandarikebijakanpinjamanluarnegeri.
RencanatersebutdapatsajadisusundandipantauolehPemerintahatauolehsuatuKomitePinjamanLuarNegeridenganunsur-unsurdariDepkeu,
Bappenasdan BI. Rencanatersebutditinjaukembalipadasetiappengajuan APBN
untukdilakukanpenyesuaianberdasarkanhasilevaluasinya.
g.
Perluadanyamekanismeperencanaan yang
baruuntukmempertemukankebutuhanmasyarakatluasdenganketersediaandana yang
terbatasdankaitannyadenganprioritaspembangunanuntukmeningkatkanefektivitaspemanfaatanpinjamanluarnegeri.
h.
Pinjamanluarnegeri Daerah
harusdipandangsebagaisatukesatuandenganpinjamanluarnegeriPemerintah, yang
pagunyasudahdisetujui DPR. Olehkarenaitu, seyogyanya Daerah
dilarangmelakukanpeminjamanluarnegerisecaralangsungdandilarang pula
menjaminpinjamanluarnegeri yang dilakukanolehswastauntukproyek yang
terkaitdenganpemerintahdaerahdenganasetselainasetproyekitusendiriataupundilarangmenjaminkanasetpemerintahdaerahlainnyaselainasetproyekitusendiriuntukmemperolehpembiayaandariluarnegeri.
Pemerintahpusattetapmenjaminpinjamanluarnegeriuntukpembiayaandaerah yang
disiapkanolehpemerintahdaerahmaupunolehswastabersama-samadenganpemerintahdaerah.
i.
Agar tidakmenimbulkantekananpadaneracapembayaraninternasional,
makapinjamankomersialyang terkaitdenganpemerintah (yang dilakukanolehPemerintah
Daerah, BUMN, BUMD, maupunswasta)
perludiaturdenganmenetapkanjumlahmaksimumsetiaptahun (pagutahunan),menetapkanurutanprioritasproyek,
danurutanwaktupencairanpinjamansertatatacaradanprosedurpermohonanpersetujuanmaupunpelaksanaanmonitoringnyauntukmelengkapi
UU No.24/1999, baikuntuk bank maupunlembagakeuanganbukan bank.
j.
Pinjamanluarnegeriswastadantidakterkaitdenganpemerintahtidakdijaminolehpemerintah.Akan
tetapitetapmemerlukanpengaturan (lebihlanjutdari UU No. 24/1999
tentangLaluLintasDevisadanSistemNilaiTukar) yang
mengarahpadamekanismepemberianperingatandini(earlywarning indicator) terhadapjumlahstokdanstrukturpinjamanluarnegeri
yang
dilakukanolehswastasertamembukainformasiiniseluas-luasnyasehinggaswastadapatmemperolehinformasikondisiekonomimakrotermasukjumlahstokpinjamanluarnegeridankapankewajibanpembayaranjatuh
tempo. Dengandemikian, swastadapatmelakukanpengendaliansendiriterhadapresiko
yang berasaldarifluktuasinilaitukarmatauangdansukubunga.
k.
Perlunyadiselenggarakansisteminformasipengelolaanpinjamanluarnegeriolehsuatu
KantorPengelolaUtang (Debt Management Unit)
untukmenyediakaninformasiberkala yang dapatdiketahuiolehmasyarakatluasmengenaijumlahdankomposisiutangdanpinjamanluarnegeridengantenggangwaktutidaklebihdarienambulan.
Informasi yang menyangkutpenggunaanpinjamanluarnegeri.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah
Hutang Luar Negeri Dan Indonesia.
Hutang luar negeribukanlah istilah
baru bahkan sudah di kenal sebelum perang dunia pertama, secara umum merupakan
opsi praktis penyelesaian kompleksitas masalah negara (sosial, ekonomi,
politik) secara ekonomi dan sekaligus penyebab krisis ekonomi suatu negara, artinya
di satu sisi hutang tidak dapat di hindari dalam pembangunan namun disisi lain
hutang merupakan masalah yang paling dominan dalam menyeret negara kedalam
jurang krisis ekonomi moneter dan menjatuhkan negara tersebut kedalam jurang
krisis ekonomi fiskal, Hutang luar negeri yang dapat dilakuakn dalam dua
bentuk institusi to goverment dan goverment to goverment. Dengan
metode/modus pendekatan fiskal dari lembaga maupun negara, “mengiring
dengan dengan fiskal menjatuhkan dengan moneter dan menghempaskan dengan
fiskal” adalah metode kolonialisme modern, karena apa“negara
kreditur itu takut apabila dia kehilangan nasabah mereka dan ketergantungan
ekonomi sutu negara terhadap mereka adalah keinginan rahasia mereka”.
Dan Munculnya istilah krisis
utang luar negeri setelah Perang Dunia Kedua Pasca Perang Dunia Kedua,
para pemerintah di negara-negara utara dan barat (rusia/uni soviet, amirika
serikat dan negara-negara uni eropa), lewat bank-bank swasta serta lembaga
keuangan internasional seperti BANK DUNIA dan IMF memberikan pinjaman utang
kepada negara-negara dunia ketiga (Amerika Selatan, Afrika dan Asia) untuk
mendanai proyek-proyek infrastruktur maha besar seperti jalan tol, bendungan,
gedung-gedung mewah, pelabuhan, dan lainnya. Mayoritas negara-negara dunia
ketiga pada waktu itu juga berambisi untuk mentranformasi status masyarakat
mereka dari masyarakat agraris ke masyarakat industrialis, menciptakan lapangan
kerja bagi rakyat, membangun infrastruktur seperti jalan raya, bandara,
pelabuhan, bendungan, menyediakan pelayanan kesehatan, pendidikan dan air
bersih, jaringan listrik serta mimpi yang indah lainnya. Untuk merealisasi
mimpi-mimpin tersebut, negara-negara yang baru merdeka pada saat itu berpaling
kepada Bank-Bank Swasta dan negara-negara barat untuk mendapatkan pinjaman luar
negeri, dengan harapan bahwa hasil penjualan sumber daya alam mereka nantinya,
akan digunakan untuk membayar kembali utang tersebut, “jadi istilah krisis hutang luar negeri ini muncul karena tidak banyak negara yang mampu
memberdayakan hutang dengan tepat daya dikarenakan berbagai faktor ekternal
seperti intimidasi pihak asing maupun korupnya internal”.
Indonesia merupakan
salah satu negara yang pernah merasakan dampak krisis akibat pengelembungan
hutang negara pada dikarenakan terlalu bergantung pada blok timur dari berbagai
pinjaman uni soviet, manjanya negara dengan pinjaman-pinjaman luar negeri, dan
manjanya pihak swasta dengan modal asing menyebabkan indonesia harus merasakan
derita karena hutang luar negeri.
Di perparah lagi, kala
itu indonesia yang sedang dalam resesi ekonomi harus di
hadapi oleh berbagai tekanan dan intimidasi serta iming-iming dari negara maju
dan berbagai lembaga keuangan untuk meyelesaikan masalah itu dengan dengan
cara credit back yang menyeret indonesia kedalam jurang
fiskal akibat adanya indikasi gagal bayar, membuat pihak swasta asing
mencabut investasinya di indonesia, alhasil fundamantal ekonomi menurun drastis
dan krisis ekonomipun tidak bisa di hindari, sektor makro misalnya
proyek-proyek pemerintah terbengkalai, lembaga keuangan dan perusahaan besar
yang di biayai dana asing adalah yang paling merasakan dampak krisis
moneter kala itu setidaknya krisis perbangkan, akibat longgarnya
regulasi dalam sekejab perbankan asing menjamuri pasar uang indonesia yang
sedang dalam dahaga ekonomi pada saat itu adalah krisis yang paling mahal pada
abad ke-19 yang di tanggung oleh dapur negara berdasarkan rilis IMF.
Sejak pemerintahan orde baru, sistem
anggaran telah berubah, dari sistem anggaran defisit menjadi sistem anggaran
seimbang, Perubahan sistem ini membawa konsekuensi pada politik penerimaan dan
pengeluaran pemerintah. Dalam sistem anggaran seimbang, besarnya pengeluaran
harus sama dengan besaran penerimaan yang diperoleh Negara (NI=Go) ataupun
dalam pengertia yang lebih luas, dalam hal ini konsep makro ekonomi (GDP=AD)
yang di dalamnya terdapat beberapa variabel seperti C= konsumsi, I= investasi,
G= pengeluaran pemerintah, (X-M)= ekspor-impor, ini penting untuk di ketahui
karena kita akan membahas 2 (dua) segmen hutang yaitu hutang LN swasta
dan hutang LN pemerintah.
2.2 Hutang Luar Negeri Pemerintah
Khusus untuk hutang luar negeri pemerintah yang merupakan
hutang yang dilakukan atas assistensipemerintah
dan digunakan untuk pembiayaan proyek-proyek pemerintah yang di lakukan untuk
kepentingan dan kemakmuran rakyat.
2.2.1 Posisi Hutang Luar Negeri Pemerintah
Indonesia.
Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal
Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan yang dikutip
vibiznews.com, Selasa (16/04/2013) total utang pemerintah
Indonesia hingga Maret 2013 mencapai Rp 1.991,22 triliun dengan rasio 24,1%
terhadap PDB.
Dari jumlah tersebut, Rp 588,38 triliun merupakan utang luar
negeri yang didapat dari beberapa negara dan juga lembaga-lembaga multilateral.
Utang luar negeri ini terus turun dibandingkan akhir 2012 yang sebesar Rp
612,52 triliun.
Tahun ini, nilai belanja APBN mencapai Rp 1.683 triliun.
Defisit anggaran tahun depan ditetapkan 1,65% terhadap PDB atau Rp 172,8
triliun, karena penerimaan negara lebih kecil, Untuk menutup defisit tersebut,
DPR membolehkan pemerintah menambah utang baru hingga Rp 161,4 triliun.
Ada 3 negara dan 3 lembaga yang paling rajin memberi utang
kepada pemerintah Indonesia, antara lain :
a.
Perancis, Jumlah utang meski turun tipis dari Rp 21,3 triliun di
akhir 2012, namun secara keseluruhan total utang Indonesia ke Perancis hingga
Maret 2013 sebesar Rp 21,03 triliun.
b.
Jerman, Jumlah utang meski turun dari akhir 2012 yang jumlahnya Rp
20 triliun namun secara keseluruhan total utang Indonesia ke Jerman hingga
Maret 2013 sebesar Rp 19,43 triliun.
c.
Jepang, Jumlah utang meski turun dari akhir 2012 yang
jumlahnya Rp 254,64 triliun namun secara keseluruhan total utang Indonesia ke
Jepang hingga Maret 2013 sebesar Rp 235,16 triliun atau yang terbesar.
Lembaga
Terajin Memberi Utang Kepada Indonesia :
a. Bank
Dunia, Jumlah utang Indonesia naik
tipis dari akhir 2012 sebesar Rp 122,14 triliun. Secara keseluruhan total utang
Indonesia ke Bank Dunia hingga Maret 2013 sebesar Rp 122,38 triliun.
b. Asian Development Bank (ADB), Jumlah
utang Indonesia turun dibandingkan akhir 2012 sebesar Rp 100,34 triliun. Secara
keseluruhan total utang Indonesia ke ADB hingga Maret 2013 sebesar Rp 98,24
triliun.
c. Islamic Development Bank
(IDB), Jumlah
utang Indonesia turun dibandingkan akhir 2012 sebesar Rp 5,05 triliun. Secara
keseluruhan total utang Indonesia ke Islamic Development Bank (IDB) sebesar Rp
4,93 triliun.
“Namun kondisi hutang pemerintah telah ditanggapi oleh
pemerintah sejak tahun lalu, melalui PERPRES, Presiden SBY telah menetapkan
pembatasan pinjaman luar negeri yang membebani APBN/APBD. Melalui kebijakan
tersebut tampak sejumlah utang luar negeri pemerintah Indonesia yang terus
menurun dan menggantinya dalam bentuk surat utang atau obligasi yang di terbitkan
sebagai surat utang negara (SUN).”
2.2.2Hutang Luar Negeri Swasta.
Khusus untuk hutang luar negeri swasta yang merupakan hutang
yang dilakukan atas atau tanpaassistensi pemerintah dan digunakan
untuk pembiayaan proyek-proyek swasta yang di lakukan untuk kepentingan
produksi dalam bentuk faktor-faktor produksi (modal) yang dilakukan
perusahaan BUMN, BUMD, BUMS dalam upaya melakukan ekspansi bisnis dan perluasan
market share.
2.2.3 Posisi utang luar negeri swasta.
Berdasarkan data Bank Indonesia hingga Januari 2013, total
utang luar negeri swasta, baik bank maupun bukan bank, telah mencapai US$ 125
miliar. Jumlah tersebut terdiri dari utang sektor keuangan dan jasa perusahaan senilai US$ 33,45
miliar, utang dari sektor industripengolahan/manufaktur senilai
US$ 25,67 miliar, dansektor pertambangan senilai
US$ 21,08 miliar.
Berbeda dengan hutang luar negeri
pemerintah yang menunjukan penurunan hutang luar negeri swasta justru mengalami
penigkatan setidaknya itu terjadi dalam catatan selama dua tahun terakhir,
menurut saya ada baiknya juga di berlakukan sistem kendali pada hutang
luar negeri swasta, karena bagaimanapun dalam persfektif makro trasaksi
hutang yang terlalu besar pada hutang LN swasta maupun pemerintah akan
berpengaruh pada melemahnya nilai tukar rupiah/Rp terhadap USD berkenaan
langsung dengan defisit neraca pembayaran”.
Meskipun sekarang indonesia sudah
lepas dari krisis hutang karena besaran gross domestik produk jauh lebih dari
pada besaran hutang pemerintah indonesia, namun resesi ekonomi akibat
utang masih mengancam melalui sektor hutang luar negeri swasta Itu dikarenakan
indonesia yang merupakan negara berkembang yang menyebabkan banyak pihak yang
menginginkan ambil bagian dipasar regional indonesia dengan cara mengalihkan
modalnya secara besar-besaran ke pasar indonesia yang menyebabkan ketimpangan
neraca pembayaran dan mendorong terjadinya tekanan nilai tukar rupiah terhadap
dolar/USD. Jadi dapat di ketahui cara pengurangan nilai hutang yang diambil
pemerintah indonesia adalah dengan cara; meningkatkan produktifitas nasioanal;
dengan menambah faktor produksi dari dalam negeri maupun dari luar negeri
berupa modal asing dengan catatan; akan melakukan impor
apabila didalam negeri belum ada atau belum mencukupi contoh; kerja sama alih
teknologi dan kerjasama dalam bentuk korporasi lain.
Hal ini dapat diwujudkan dengan cara:
a.
Menegaskan
regulasi tentang permodalan dan korporasi asing dalam membentuk tatananekonomi
yang kondusif.
b.
Meningkatkan
transfarasi anggaran dan korporasi proyek-proyek pemerintah.
c.
Mempersiapkan
SDM terlibat dalam aktivitas ekonomi.
d.
Agar
pemerintah sedapat mungkin mengurangi ketergantungan APBN dari pinjaman luar
negeri.
e.
Agar
Pemerintah segera Menurunkan bunga sertifikat Bank Indonesia danv mendorong
bank-bank nasional agar lebih intensif mengucur kredit sehingga sektor riil
dapat bergerak yang pada giliran akan menciptakan lapangan kerja dan
memperbaiki perekonomian nasinal secara keseluruhan.
f.
Agar
Pemerintah lebih mengefisienkan birokrasai Pemerintah dengan jalan Merestrukturisasi
birokrasi pemerintah yang sudah sangat gemuk sehingga dirasa telah memberatkan
anggran pemerintah.
BAB III
KESIMPULAN
3.1 Kesimpulan
Defisit yang terjadi di Indonesia sesuai dengan
batasan yang telah ditetapkan oleh amanah undang – undang no 17 tahun 2003 yang
tidak lebih dari 3 persen dari APBN tercermin seperti di tabel satu. Tahun 2008
dan 2009 sebagai dampak dari melambatnya perekonomian dunia di respon oleh
defisit dari APBN yang pada tahun sebelumnya 2007 sebesar 1,3 persen menjadi
2,1 dan 2,5 persen di tahun 2008 dan 2009.
Dalam pembiayaan defisit APBN tersebut ada
beberapa alternatif yang dapat digunakan, diantaranya adalah dengan pinjaman
(bond), suku bunga, uang,dll. Pembiayaan defisit dari hutang memerlukan daya
tarik yaitu dengan tingginya imbal hasil (bunga) yang ditawarkan. Dampak dari
suku bunga yang tinggi pada sisi keuangan negara adalah akan terjadinya capital
inflow. Keseimbangan APBN dari pembiayaan hutang tidak selamanya berdampak
positif bagi perekonomian, meskipun defisit masih di bawah dari ketentuan
undang – undang.
Neoclasic dan Keynes telah memberikan gambaran
akibat bahwa pembiayaan defisit APBN dari hutang yang didukung oleh tingkat
suku bunga yang tinggi akan berbentuk Crowding Out dan Crowding In. Pandangan
Neoclasic menjelaskan bahwa ketika pemerintah menerbitkan Bond sebagai salah
satu cara untuk mengatasi defisit APBN, maka akan terjadi perlambatan kegiatan
ekonomi di masyarakat yang disebabkan oleh bunga pinjaman yang harus dibayarkan
meningkat akibat dari suku bunga yang di tetapkan pemerintah mengalami
kenaikan.
Proses tersebut akan berdampak pada pengalihan
pinjaman dari dalam negeri ke luar negeri atau yang disebut sebagai Crowding
Out. pemerintah Indonesia dari tahun 2005 hingga 2009 mengalami peningkatan
Utang Luar Negeri rata-rata 7% setiap tahunnya. Peningkatan jumlah Utang
tersebut mengindikasikan bahwa defisit APBN sebagian di tutup dari Utang. Konsep
pembiayaan defisit APBN dari pinjaman atau utang yang lain adalah dengan
mengadopsi Ricardian Equivalent Hypotesis (Barro, 1976).
Pembangunan ekonomi tanpa utang adalah
pembangunan yang berprinsip kemandirian nasional, tidak harus diartikan secara
harfiah utang yang samasekali nol. Pembangunan tanpa utang lebih merupakan
proses perubahan substansial untuk melepaskan keterjebakan utang, dari
dependensi menuju self-sufficiency dan independensi. Tidak ada utang luar
negeri yang bebas ikatan dan kepentingan, sehingga utang luar negeri pada
dasarnya dapat diibaratkan sebagai ''madu beracun''.
Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Nyonya Nurliana Novi, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah benar mendukung saya melalui ibu yang baik Nyonya Elina
BalasHapusSetelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.
Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya kepada Nyonya Elina, yang adalah pemilik dari sebuah perusahaan pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk mengajukan permohonan dari Nyonya Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.
Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.
Mereka juga memiliki tim ahli yang akan menyarankan Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.
Semoga ALLAH memberkati Ibu Elina untuk membuat hidup mudah bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda
Ada perusahaan palsu lain online menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya adalah satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati dari orang-orang ini baik-baik saja
Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com
Kami adalah organisasi hukum yang dibuat untuk membantu Orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.
BalasHapusJadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan dalam kekacauan keuangan, dan Anda memerlukan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam lebih banyak Masalah dari lokal bank, hubungi kami hari ini melalui Email: di catherinewilliamloancompany@gmail.com
Email: catherinewilliamloancompany@gmail.com
Aplikasi pinjaman meliputi:
Nama: _________
Alamat: _________
Negara: _________
Okupasi: _________
Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: __________
Tujuan Pinjaman _________
jangka waktu kredit__
Penghasilan bulanan: _________
Telepon: _________
Silakan hubungi kami melalui e-mail
Email kami: catherinewilliamloancompany@gmail.com
BERITA BAGUS UNTUK ANDA
BalasHapusApakah Anda telah ditolak akses ke pinjaman keuangan untuk membeli rumah, mobil, untuk membiayai diri sendiri atau mendirikan bisnis.
Jangan khawatir lagi ... Cepat dan ajukan pinjaman lunak cepat Anda di PERUSAHAAN PINJAMAN GARY REYMOLDS.
Kami memberikan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dengan tingkat bunga rendah 2%.
Hubungi kami melalui E-mail: garyreymolds36loanfirm@gmail.com
A person like you is a blessing for all those around. I love you so much my dear princess. Now get up fast and meet me soon coz I have been waiting for you for so long. Good Morning and lets have a blast today.
BalasHapusSELAMAT DATANG DI KARINA ROLAND LOAN COMPANY, (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya di +1 (312) 8721-592, tujuan kami adalah untuk menyediakan Layanan Profesional Sangat Baik.
BalasHapusApakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Skala Kecil dan bisnis menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan mendapatkan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?
Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan yang Anda pantas, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik
Kami menawarkan semua jenis layanan keuangan kepada individu yang membutuhkan pinjaman yang meliputi: Pinjaman Pribadi, pinjaman konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Terjamin Hipotek, Pinjaman Tanpa Jaminan, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Gaji, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Investasi , Pinjaman Pembangunan, Pinjaman Otomatis, Pinjaman Konstruksi, dengan suku bunga rendah sebesar 2% per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami.
Silakan, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut jika Anda tertarik: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hubungi kami hanya di +1 (312) 8721-592
Halo
BalasHapusKami menawarkan pinjaman bagi mereka yang bisa membayar dengan suku bunga 1% dalam jangka panjang.
Bagi siapa pun yang tertarik, kirimkan surat kepada saya, berpantang dari orang-orang dengan niat buruk.
Beri pinjaman antar individu dari semua jenis:
* Keuangan
* Perumahan
* Kredit investasi
* Pinjaman mobil
* Konsolidasi hutang
* Batas kredit
* Hak Tanggungan
* Penukaran kredit
* Pinjaman
Kami menawarkan pinjaman jangka pendek, menengah dan panjang, bekerja sama dengan pengacara kami.
Silakan langsung kirim email Anda dan beri tahu saya berapa yang Anda butuhkan.
Hubungi kami:
Perusahaan: ISKANDAR LENDERS INCO.
Hanya WhatsApp: {+ 44} 7480729811
Tel .... {+ 44} 7480729811
Email: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
Terima kasih
Selamat Datang di Perusahaan Pinjaman Rossa Stanley
BalasHapusHubungi perusahaan pinjaman dengan rekam jejak pencairan pinjaman dan daftar global penguji pinjaman di seluruh dunia, di perusahaan peminjaman rossa stanley stabilitas keuangan Anda adalah tujuan kami, kami memberikan pinjaman kepada
1) Individu
2) Bekerja sama badan
3) Perusahaan terbatas.
4) Pinjaman pribadi.
5) Pinjaman investasi.
6) Pinjaman Konstruksi.
7) Pinjaman Hipotek.
Hubungi kami sekarang melalui media berikut,
Email: rossastanleyloancompany@gmail.com
Direktur Telp: +1(914)529-5708
Whats-app: +1(914)529-5708
Manajer operasi Tel: (+1) 2133153118
Instagram Resmi: rossastanleyloan
Twitter Resmi: Rossastanlyloan
Facebook Resmi: Rossa Stanley Favor
Alamat kantor pusat: 3911 Kenwood Place, Orlando Florida USA.
Kode pos: 32801
Terdaftar di bawah pengawasan hukum industri Florida,
ATAU
Isi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan segera membalas Anda, Kami tersedia 24 jam setiap hari.
DATA PEMOHON
1) Nama Lengkap:
2) Tanggal lahir:
3) Alamat:
4) Nomor jaminan sosial:
5) Nomor Aplikasi Whats:
6) Pekerjaan:
7) Nomor Telepon:
8) posisi di tempat kerja:
9) Penghasilan Bulanan:
10) Jumlah Pinjaman yang Diperlukan:
11) Durasi Pinjaman:
12) Nama Facebook:
13) Status Perkawinan:
14) Agama:
15) Negara:
16) Jenis Kelamin:
17) Kecacatan Apa Pun
18 Sudahkah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? Jika ya, sebutkan nama perusahaan pinjaman tersebut
SALAM,
Favor Mrs.Rossa Stanley
CEO ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
Email rossastanleyloancompany@gmail.com
BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA
BalasHapusSaya Abdullah Nofia yang tinggal di Papua, saya di sini untuk memberi kesaksian seorang Lender Pinjaman yang baik yang menunjukkan cahaya kepada saya setelah ditipu 3 kali berbeda di Internet oleh beberapa pemberi pinjaman yang tidak lain adalah palsu,
Mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman setelah membuat saya membayar banyak kepada mereka sebagai biaya yang tidak menghasilkan apa-apa dan sebesar tidak ada hasil positif. saya kehilangan uang hasil kerja keras saya dan itu sangat membuat frustrasi.
Suatu hari ketika menelusuri internet saya menemukan kesaksian seorang wanita yang juga ditipu dan akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman yang sah, ONE BILLION RISING FUND dan di mana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya, saya memutuskan untuk menghubungi dia dan menjelaskan tekanan keuangan saya. kepadanya dan jika dia bisa membantu saya untuk berbicara dengan perusahaan,
Saya kemudian menceritakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda yang tidak melakukan apa pun selain merampok uang saya. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui surat dan semua yang mereka katakan kepada saya adalah untuk tidak menangis lagi karena saya akan mendapatkan pinjaman saya di perusahaan mereka dan saya juga telah membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan dengan semua yang diperlukan dari saya dan saya terkejut, saya diberi pinjaman sebesar Rp 200 juta oleh perusahaan besar ini, ONE BILLION RISING FUND, semua berkat JAMES (direktur transfer), seorang yang takut akan Tuhan. pria dan mentor dan di sini saya hari ini bahagia karena perusahaan ini telah memberi saya pinjaman jadi saya bersumpah pada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi tentang pekerjaan baik mereka dalam hidup saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya.
Jika Anda mencari cara mendapatkan pinjaman, silakan hubungi
NAMA ::ONE BILLION RISING FUNDGmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com
HUBUNGI SAYA
Namaku ::::::::: Abdullah Nofia
Gmail::::::::::::::abdullahnofia@gmail.com
Instagram::::::::Abdullah_Nofia
Facebook:::::::::Abdullah Nofia
Bijaksanalah saat Anda mencari pinjaman online
semoga harimu menyenangkan
Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
BalasHapusBeberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.
Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)
Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.
Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman
Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur
Ini dari perusahaan yang telah dapat membantu begitu banyak orang baik dari Indonesia maupun Malaysia dan di luarnya Kami telah dapat membantu berbagai orang dari berbagai pekerjaan kehidupan dan juga berbagai kategori pekerjaan Kami telah dapat memberikan pinjaman untuk hampir semua pemohon pinjaman di perusahaan ini dan jika dengan cara apa pun Anda meragukan kami, kami akan merujuk Anda ke banyak dan banyak pelanggan yang telah mendapatkan pinjaman dari kami sehingga Anda dapat menghapus keraguan keraguan dari pikiran Anda Kami telah dapat membantu baik yang bangkrut maupun mereka yang mencari modal tambahan untuk mendanai bisnis mereka dalam bentuk apa pun Di perusahaan ini, prioritas utama kami sejak hari pertama hingga sekarang adalah memastikan semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka dan kami sangat berkomitmen untuk ini dengan memastikan hampir 100% dari semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka Jika dengan cara apa pun Anda masih ragu, silakan hubungi kesaksian terbaru kami di t dia menghubungi detail di bawah ini untuk menghapus segala bentuk keraguan dari pikiran Anda_________[WhatsApp: +6287818697754]
BalasHapusCompany___[ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY]
e_mail_________[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
WhatsApp___[+6282274045059]